BTemplates.com

Selamat Datang Di Website Majelis Al-Badar, Komunitas Online Para Pecinta Rasulullah...

Selasa, 19 September 2017

Kelahiran Sang Nabi

Ada apa pada kelahiran Sang Nabi?

Berkata Abbas bin Abdulmuttalib:

“dan Engkau saat kelahiranmu terbitlah cahaya di permukaan Bumi dan terang benderanglah Angkasa dengan cahayamu, maka kami selalu dalam naungan sinar itu dan dalam cahaya yang terang benderang dan terus mendalami Bimbingan Kebahagiaan”

Diatas diriwayatkan :

– Majmu’izzawa’id, oleh Imam Ibn Hajar Alhaitsami Juz 8 / hal 217
– Almustadrak ‘Ala Shahihain, oleh Imam Hakim Juz 3 / hal : 34 / hadits no.5417
– Mu'jamul Kabir, oleh Imam Thabrani Juz 4 / hal 213 / hadits no.4167
– Siyar A’lamunnubala, oleh Imam Addzahabiy Juz 2 / hal 103
– Shafwatusshafwah oleh Imam Abul Faraj Juz 1 / hal 54
– Al Isti’ab oleh Imam Yusuf Ibn Abdulbar Juz 2 / hal 447
Demikian luapan kegembiraan para sahabat Rasul dalam merayakan dan memuliakan hari kelahiran Sang Nabi, demikian pula kesemua orang-orang mukmin hingga kini, selalu ingin membangkitkan syiar agar bangkit pada sanubari ummat ini semangat untuk mengingat dan mencintai Sang Nabi. Dan siapa pula yang tak gembira dengan kelahiran sang Nabi?, hanya syetan dan pengikutnya yang sangat membenci hari kelahiran pembawa hidayah ini, dan tiada hari yang paling mereka benci sepanjang usia bumi ini selain hari kelahiran sang Nabi, karena dengan lahirnya Nabi terakhir ini, bermula lah seluruh kemuliaan yang menyempurnakan seluruh ajaran ajaran Allah sebelumnya, namun sebaliknya para Mukminin, khususnya ummat beliau, tentulah bagi mereka tak ada kegembiraan melebihi kegembiraan pada hari kelahiran sang Nabi.

Allah berfirman dalam surat Al Hijr ayat 72, “DEMI USIAMU (Wahai Muhammad), SUNGGU MEREKA ITU TEROMBANG AMBING DALAM KESESATAN” , Ayat tersebut sebagaimana Tafsir Imam Qurtubi, Tafsir Imam Thabari, Shahih Bukhari dan Ijma’ segenap Ulama bahwa Allah menunjukkan kemuliaan Sang nabi dan Allah Bersumpah dengan Kehidupan sang nabi, ada apa pada kehidupan sang Nabi? karena pada kehidupan beliaulah Allah menyempurnakan segenap ajaran ajaran Nya yg terdahulu melalui para Nabi sebelum beliau, Dan usia beliau ini tentunya dimulai pada Kelahiran beliau hingga wafatnya, maka fahamlah kita betapa mulianya hari kelahiran beliau, sebagaimana Allah bersumpah dengan usia beliau.


Seputar acara pesta kelahiran Sang Nabi


Mengenai perayaan kelahiran Rasul memang tak pernah diadakan di zaman Rasul, tak pula di zaman para sahabat Nabi radhiyallahu ’anhum, karena memang tak perlu dirayakan, karena tak dirayakanpun mereka telah sangat mencintai Rasul dan beridolakan Rasul, sebagaimana sedemikian banyak syair-syair para sahabat yang diantaranya disebutkan diatas. Ketika semakin jauhnya ummat ini dari kehidupan sang Nabi, maka mereka semakin jauh dari syari'ah, semakin jauh dari ketaatan, semakin jauh dari mengenal sang Nabi apalagi mencintainya, apalagi beridolakan beliau, maka para Ulama mulai berfikir untuk menghidupkan kembali semangat kecintaan pada Nabi, karena seluruh ketaatan kepada Allah adalah Syari'ah dan Sunnah Rasul, bila seseorang telah mencintai Nabinya, maka tentulah mereka akan mengikuti ajarannya.

Maka dibuatlah perayaan untuk membesarkan syi'ar kelahiran Nabi, dan hal ini merupakan Bid’ah hasanah, sebagaimana penjilidan Al Qur’an pun merupakan Bid’ah hasanah, karena tak ada perintah dalam ayat manapun ataupun hadits Rasul agar Al Qur’an di bukukan dalam satu kitab, hal ini merupakan Ijma’ sahabat di masa Khilafah Utsman bin Affan, sebagaimana dikumpulkanlah seluruh Qurra’ dan Huffadh yang ada, termasuk padanya Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, dan seluruh Ulama sahabat, lalu ditulislah satu kitab dengan kesaksian mereka semua, dan disahkan sebagai Kitab Al Qur’an sebagaimana diterangan dalam Kitab Al Itqan, oleh Alhafidh Imam Assuyuti.

Inilah Bid’ah terbesar yang pernah ada dalam ummat ini, namun ini adalah Bid’ah hasanah, karena merupakan maslahat bagi ummat. Demikian para sahabat, mereka tak menuding seluruh Bid’ah adalah kemungkaran, sebagaimana pemahaman sempit yang muncul di zaman sekarang.. Lalu muncul pula Bid’ah bid’ah lainnya, seperti Pembukuan Hadits, juga Ilmu Hadits, Ilmu Musthalah Hadits, Ilmu Tafsir, yang kesemua itu adalah Bid’ah Hasanah. Lalu pula pemberian titik pada Al Qur’an, karena di zaman sahabat Alqur’an itu belum ada titiknya, hingga tak dapat dibedakan antara Jiim, ha', atau Kha’. Tak pula bisa dibedakan antara Ta', Tsa', dan Ba’. Barulah kemudian diberi titik, jauh setelah zaman sahabat radhiyallahu ’anhum, inipun Bid’ah, namun siapa pula yang dapat mengenal membaca Al Qur’an dimasa kini bila tidak ada titiknya?, sahabat memahaminya karena mereka hafal atau paling tidak sering mendengarnya dari Rasul. Lalu kemudian dimasa Khalifah Umar bin Abdul Aziz, Al Quran itu diberi harakah, yaitu Fathah, Kasrah, Dhammah, Tasydid, dan lainnya. Tidak lain agar lebih mudah dibacanya, dan inipun Bid’ah.

Demikian pula perayaan Maulid Nabi, yang di ada-adakan dengan tujuan mulia, yaitu memunculkan sosok Muhammad sebagai idola dan Pimpinan Terbesar, dan tak ada tujuan lain selain membangkitkan kecintaan pada beliau, dan ini merupakan Bid’ah hasanah. Sebagaimana landasan kita dan landasan para Ulama dan para sahabat mengenai Bid’ah Hasanah yaitu Hadits riwayat Imam Muslim Sabda Rasul:
“Barangsiapa yang membuat buat didalam islam kebiasaan yang baik, maka baginya pahalanya dan pahala semua yang mengamalkannya tak dikurangkan sedikitpun dari pahala itu, dan Barangsiapa yang membuat-buat didalam islam kebiasaan yang buruk, maka baginya dosanya dan dosa semua yang mengamalkannya tanpa dikurangkan sedikitpun dari dosa-dosa itu”. [Shahih Muslim Juz.2 / hal.705 / hadits no.1017 dan juga pada Juz.4 / hal.2059 / hadits no.1017].

Maka gemuruhlah barat dan Timur dengan perayaan kelahiran Rasul, Alhamdulillah.. walaupun tak dapat dipungkiri bahwa ada oknum yang membuat perayaan ini sebagai kedok dengan maksud lain, entah politik kah atau lainnya, sebagaimana pernah terjadi pada Dinasti Fathimiyyun, namun itu semua merupakan hal yang lumrah terjadi dalam segala hal, dan tidak bisa dijadikan landasan dalil untuk mengharamkan perayaan maulid Nabi, karena hal itu terjadi pula pada pembangunan masjid, sedekah, Kurban dan lainnya, mestilah ada penyelewengan, maka apakah dengan sebab penyelewengan itu lalu kita melarang pembangunan masjid, sedekah, atau kurban dan lainnya?, hanya karena oknum?.

Oleh sebab itu jelaslah bagi kita, dan wajib bagi setiap muslim untuk bergembira atas kelahiran Nabinya, dan sangat mulia bila kita mengadakan tasyakkuran atas kelahiran beliau, dengan tujuan utama adalah membangkitkan sanubari ummat untuk kembali pada sunnah Nabi, beridolakan Nabi, mencintai Nabi, atau paling tidak kita jadikan perayaan Maulid ini ajang silaturahmi dan amar ma’ruf nahi munkar dalam Dakwah ilallah.

Mengenai penentuannya setiap tahun sekali, maka itu tak ada larangannya, boleh-boleh saja setahun sekali, atau sebulan sekali, atau seminggu sekali, atau setiap hari, bukan lain dengan maksud sebagai Medan Dakwah untuk menyampaikan risalah beliau shallallahu 'alayhi wasallam.


Wallahu a’lam...


[Oleh: Guru Mulia Al Marhum Habib Mundzir Al Musawa, Pada 10 April 2006]