BTemplates.com

Selamat Datang Di Website Majelis Al-Badar, Komunitas Online Para Pecinta Rasulullah...

Senin, 25 November 2019

Menghidupkan Sunnah Sang Nabi

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: مَنْ أَحْيَا سُنَّتِى فَقَدْ أَحَبَّنِى، وَمَنْ اَحَبَّنِى كَانَ مَـعِى فِى الْجَنَّة

Rasulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan sunnahku, maka ia benar-benar cinta kepadaku. Dan barang siapa cinta kepadaku, maka ia di surga bersamaku". [Shahih Bukhari]

Menghidupkan sunnah Nabi (syariat, ajaran Nabi) itu bukan hal yang mudah, hal itu sangatlah berat, banyak rintangan, tantangan dan pengorbanan. Kata 'menghidupkan' adalah mensyi'arkan, mengajarkan, mendakwahkan, mengamalkan, bahkan mempertahankan bagaimana pun caranya agar sunnah (syariat, ajaran) sang Nabi tidak mati, tidak di caci dan di hinakan, walaupun resikonya berat. Itulah 'menghidupkan' sunnah.

Bagi orang yang 'menghidupkan' sunnah (syariat, ajaran) Sang Nabi, di caci maki, di hina, di fitnah, di ancam-ancam, di takut-takuti, bahkan di penjara, sekalipun, ia akan tetap istiqomah dalam perjuangannya. Dan ia hanya bertujuan menghidupkan agama bukan mencari hidup dalam agama (jual agama). Ini adalah sebagai bukti dan baktinya cinta kepada Sang Nabi ﷺ, sebagaimana dalam kalimat hadits tersebut فَقَدْ أَحَبَّنِى (maka ia benar-benar cinta kepadaku).

Dan perlu di ketahui, sebagaimana di katakan oleh Guru Mulia Al-Marhum wal maghfurlah Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki:

ان الجنّة ما فى بلس

"Sungguh surga itu tidaklah gratis".

Dan orang yang seperti inilah yang selalu di bangga-banggakan oleh Sang Nabi ﷺ, sehingga Sang Nabi menjamin baginya كَانَ مَـعِى فِى الْجَنَّة (ia di surga bersamaku).

Harapan kita, semoga kita, keluarga kita, anak-anak keturunan kita di jadikan oleh Allah pejuang-pejuang agama yang tangguh dan istiqomah dalam menghidupkan syariat-syariat Sang Nabi ﷺ, sehingga kelak kita semua bersama Sang Nabi di surganya Allah subhanahu wata'ala...


آمين ياربّ العالمين

Demikian hadits yang di sampaikan dalam Majelis Rutinan Ratib Al-Haddad pada hari Ahad 10 November 2019 di Majelis Al-Badar.