BTemplates.com

Selamat Datang Di Website Majelis Al-Badar, Komunitas Online Para Pecinta Rasulullah...

Senin, 16 Oktober 2017

Nasehat Bagi Orang Tua


Al-Habib Zein bin Smith, berkata: Seharusnya bagi setiap orang tua mendoakan untuk anak-anaknya dan tidak mencaci mereka, Seperti mendoakan atau mengatakan untuk anaknya hancur, bodoh, goblok, gendeng, dan lain sebagainya sekalipun dalam keadaan marah atau payah, mestinya bagi orang tua menghindarinya karna doa atau ucapan orang tua di ijabah oleh Allah, lebih-lebih kalau tepat pada waktu-waktu mustajabah, akhirnya mendapatkan penyesalan dan kerugian karna terburu-buru dengan mendoakan atau mengatakan jelek anaknya. Berapa banyak cerita bahwasannya orang tua melakukan hal tersebut sehingga anaknya sakit, meninggal, gila dan lain sebagainya dari kejelekan, karna sebab doanya orang tua.

Wajib atas setiap orang tua selalu mendoakan atau mengatakan baik untuk anaknya walaupun dalam keadaan emosi dengan mengatakan kepada mereka seperti : Allah yahdik (semoga Allah membimbingmu)..., Allah yarhamuk (semoga Allah mengasihimu)..., dll... Sehingga jika tepat dengan waktu yg di ijabahi Allah anaknya menjadi beruntung karna sebab doanya.

Di ceritakan, Ada seseorang datang ke salah satu ulama' mengadu tentang kejelekan akhlaq dan adab anaknya, Ulama' tersebut bertanya: mungkin kamu pernah mendoakan atau mengatakan jelek untuk anakmu?, Lalu orang tersebut menjawab: Ya, kamu yg merusaknya kata si ulama' tersebut.

Wajib bagi orang tua membantu anaknya agar bisa berbakti kepadanya, berbicara santun dengan mereka dan memanggil dengan kata-kata yg baik, dijelaskan dalam hadits, Nabi bersabda:

ﺭﺣﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﺪﺍ ﺍﻋﺎﻥ ﻭﻟﺪﻩ ﻋﻠﻰ ﺑﺮﻩ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻛﻴﻒ ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ؟ ﻗﺎﻝ: ﻳﻘﺒﻞ ﺍﺣﺴﺎﻧﻪ ﻭﻳﺘﺠﺎﻭﺯ ﻋﻦ ﺇﺳﺎﺀﺗﻪ

"Semoga Allah curahkan kasih sayang-Nya (rahmat) atas orang tua yg membantu anaknya agar berbakti, para sahabat bertanya: bagaimana itu wahai Rosulullah?, Menerima kebaikan dan memaafkan kesalahannya".

Jagalah, perhatikan, didik anak-anak kalian dengan pendidikan agama yg baik dan jagalah mereka dari teman yg jelek akhlaqnya, Mudah-mudahan Allah menjaga anak-anak kita dari keterpurukan Akhlaq (moral).

آمِــيْن يَامُجٍــيْبَ السَــآئِلِــيْن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf, jika anda berkomentar tolong sertakan nama dan alamat apabila anda pakai "anonymous" (tanpa identitas), terima kasih...